PTK PELAJARAN TIKOM

Posted by Ubaydillah Ibnu Sholihin Tuesday, 16 December 2014 0 comments
Rekan-rekan Rujukan Skripsi yang berbahagia.
Setelah sebelumnya saya memposting artikel tentang DOWNLOAD GRATIS SKRIPSI BAHASA INDONESIA TENTANG PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SELF CONTROL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA BERITA SISWA, Cara Membuat Akun Email Gratis di Gmail (Google Mail)Cara Mudah dan Cepat Membuat Blog Gratis di Blogspot.com. dan PTK PENGGUNAAN METODE EKSPOSITORI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN DAN KREATIVITAS SISWA DALAM BELAJAR INTERNET. Pada postingan kali ini saya akan mengulas tentang PTK PELAJARAN TIKOM. Silahkan dirujuk dan diunduh filenya pada link yang tertera di akhir postingan ini. Atau jika rekan-rekan berminat untuk mencari rujukan skripsi yang lain dengan berbagai judul silahkan unduh filnya di postingan DAFTAR SKRIPSI LENGKAP DARI BAB 1 - 5 GRATIS.

Silihkan disimak postingan ini dan anda dapat mendownloadnya GRATIS!. Semoga bermanfaat.


BAB I
PENDAHULUAN

A.           Latar Belakang Masalah
 Banyak siswa yang memandang pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi hanya berkutat pada pekerjaan mengetik dan membuat tabel di komputer.
Dalam mencapai Tujuan Pembelajaran Khususnya pada mata pelajaran TIK yang menjadikan hambatan dalam pembelajaran internet yaitu kurang  termotivasi dalam mengikuti pemnbelajaran hal ini disebabkan siswa kurang memahami bahasa yang disediakan dalam pembelajaran internet, banyaknnya kegagalan dalam hal pembuatan email baru terutama dalam mengirim e-mail, keterbatasan guru dalam menguasai model pembelajaran yang tidak bervariasi, menyebabkan siswa menjadi kurang termotivasi dalam mengikuti pembelajaran.
Untuk mengatasai permasalahan di atas, guru memilih strategi pembelajaran yang tepat, salah satu strategi yang tepat  adalah  melalui pendekatan pembelajaran langsung
Dengan pendekatan pembelajaran langsung tersebut diharapkan siswa lebih aktif dan berminat dalam pembelajaran sehingga dapat meningkatkan  hasil belajar mengidentifikasi layanan informasi di internet  dengan menggunakan model Pembelajaran langsung pada  siswa  kelas  IX Madrasah Tsanawiyah Manba’ul Khair Kreo Larangan Tangerang
B.            Sasaran Tindakan
Siswa dapat mengenal dan mengidentifikasi internet contohnya membuat email
C.           Rumusan Masalah.
     Berdasarkan latar belakang permasalahan di atas permasalahan yang akan diangkat adalah sebagai berikut:Apakah penggunaan Model Pembelajaran Langsung dapat meningkatkan kemampuan Siswa dalam memahami internet untuk keperluan informasiSebagaimana telah dijelaskan pada latar belakang bahwa yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya tingkat kemampuan siswa kelas IX MTs. Manbaul Khair dalam mempelajari internet untuk keperluan informasi.Pemecahan masalah dari PTK ini adalah :Berdasakan identifikasi masalah dan pengamatan yang dilakukan pada setiap evaluasi hasil belajar, siswa yang dinilai menguasai dan dapat mengerjakan latihan dengan benar dan tepat sesuai dengan ketentuan dan cara-caranya berkisar 25% (8 orang) dari 30 siswa.Berdasar kepada masalah yang telah diuraikan pada pendahuluan maka salah satu pemecahannya adalah dengan menggunakan model Pembelajaran Langsung  sebagai model pembelajaran  dalam proses pembelajaran pemecahan masalah.
Dari uraian di atas maka dalam pemecahan masalah ini diambil langkah-langkah pemecahan masalah sebagai berikut :a)      Menyusun RPP  yang lebih efektif sesuai dengan tingkat kemampuan siswa.
b)      Melakukan tes untuk mengelompokan siswa. Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam mengerjakan tes.
c)      Membuat materi pelajaran dengan model yg sesuai dengan metode pembelajaran Langsung
d)     Menggunakan media pembelajaran (LCD Proyektor) sebagai alat bantu untuk menjelaskan materi pelajaran.
e)      Menggunakan Software Insight Teacher v.7 ( software remote )
D.           Tujuan Penelitian :
Tujuan  yang  akan dicapai dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.      Untuk mengetahui seberapa besar motivasi dalam mengidentifikasi layanan informasi di internet
2.      Untuk mengetahui seberapa besar siswa dapat membuat email, dan membuka email.

E.            Manfaat Penelitian 
Dalam penyusunan penelitian ini berharap hasil penelitian akan mempunyai mamfaat baik secara teoritis maupun secara praktis.
1.      Bagi Guru:
melalui PTK ini Guru dapat mengetahui metode pembelajaran yang interaktif dan efektif meningkatkan sistem pembelajaran serta meminimalkan kesalahan siswa dalam mempelajari internet sebagai media informasi.
2.      Bagi siswa:
hasil penelitian ini bermanfaat bagi semua siswa karena terjadi pembelajaran mandiri yang menarik.
3.    Bagi Sekolah:
hasil penelitian ini membantu memperbaiki pembelajaran TIK di sekolah.

BAB II
KAJIAN PUSTAKA

A.           Layanan Informasi
Layanan Informasi adalah penyampaian berbagai informasi kepada sasaran layanan agar individu dapat menolah dan memanfaatkan informasi tersebut demi kepentingan hidup dan perkembangannya.
Secara umum agar terkuasainya informasi tertentu sedangkan secara khusus terkait dengan fungsi pemahaman (paham terhadap informasi yang diberikan) dan memanfaatkan informasi dalam penyelesaian masalahnya. Layanan informasi menjadikan individu mandiri yaitu memahami dan menerima diri dan lingkungan secara positif, objektif dan dinamis, mampu mengambil keputusan, mampu mengarahkan diri sesuai dengan kebutuhannya tersebut dan akhirnya dapat mengaktualisasikan dirinya.[1]

B.            Pengertian Email
Email adalah surat yang dikirim melalui media internet. Dengan email kamu dapat mengirim berita kepada keluarga, teman ataupun kenalan hanya dalam hitungan menit bahkan detik. Mungkin email merupakan layanan internet yang paling mudah dikenal oleh mereka yang sering berselancar di Internet. Salah satu alasannya adalah email merupakan bentuk layanan yang paling sederhana dan paling mudah dilakukan untuk saling berkirim berita maupun file antar pemakai komputer. Sehingga saat ini sangat dikenal apa yang disebut dengan Free email atau email gratis.
Untuk mengirim email kita perlu memakai aplikasi klienMail. Klien mail disebut juga “Mail User Agent!” (MUA) adalah aplikasi yang di jalankan di komputer klien dan oleh penggunaannya digunakan sebagai anatar muka untuk mengelola email. Umumnya di dalam klien tersedia fasilitas : penyuntingan pesan yang akan dikirim atau yang diterima, pengorganisasia ulir diskusi, pengorganisasian penyimpanan pesan, aturan terhadap mail, personalisasi pengguna, dan pengambilan serta pengiriman email ke ServerMail.[2]

BAB III
METODOLOGI  PENELITIAN

A.      Setting Penelitian
    Penelitian ini dilaksanakan dengan metode Pembelajaran langsung agar siswa dapat mempraktekkan urutan pembuatan email dari awal hingga akhir.
a.   Lokasi Penelitian : di MTs. Manba’ul Khair.
b.  Subjek Penelitian : Siswa Kelas IX sebanyak 30 orang, 12 Siswa Perempuan dan 18 Siswa Laki-laki

B.       Sasaran Penelitian
1.         Siswa termotifipasi dalam mengidentifikasi layanan informasi di internet
2.         Siswa dapat membuat email
3.         Siswa dapat berinteraksi dengan siswa lainnya

C.      Rencana Tindakan
Siklus Pertama
Kegiatan yang dilakukan pada siklus pertama meliputi :
1.  Perencanaan
Diawali dengan pembuatan silabus dan menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) menyiapkan alat dan bahan dalam kegiatan pembelajaran menyusun perangkat evaluasi, menyusun format penelitian model pembelajaran langsung.
2.    Pelaksanaan
Guru melaksanakan proses pembelajaran yaitu :
a.       Menyiapkan alat dan bahan yang akan digunakan, LCD Proyektor, laptop.
b.      Lalu menyiapkan bahan ajar yang akan disampaikan, yaitu dengan menggunakan aplikasi power point.
c.       Guru menjelaskan materi fungsi dan proses kerja dengan terlebih dahulu mengadakan apersepsi.

3.        Pengamatan
Pada tahap ini guru mengamati proses kegiatan yang sedang berlangsung, diantaranya :
a.         Mengamati interaksi belajar yang sedang berlangsung (aktifitas, respon) yang diberikan siswa ketika mengikuti pembelajaran itu.
b.        Menilai lembar kerja para siswa

4.        Refleksi
Pada tahap ini dilakukan untuk mengevaluasi seluruh tindakan yang dilakukan berdasarkan hasil pengamatan.
apakah kegiatan yang dilakukan telah dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap materi fungsi dan proses kerja berbagai peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi.
Menyusun rencana perbaikan sesuai dengan kelemahan-kelemahansiswa berdasarkan hasil pengamatan, dan di gunakan pada siklus kedua.
Siklus Kedua
       Pada siklus kedua dilaksanakan tahapan-tahapan seperti pada siklus pertama tetapi didahului dengan perencanaan ulang berdasarkan hasil-hasil yang diperoleh dari siklus I, sehingga kelemahan-kelamahan pada siklus yang pertama tidak terulang pada siklus yang kedua. Siklus yang kedua diharapkan dapat lebih baik dibanding dengan siklus yang  pertama.
1. Perencanaan
a.       Mengidentifikasi masalah pada siklus pertama dan menyusun alternatif pemecahannya.
b.      Menyiapkan media dan materi yang akan disampaikan.
2. Tindakan
a.       Guru menjelaskan materi internet untuk keperluan informasi dan komunikasi dengan menyisipkan suara pada tayangan power point bila perlu.
b.      Pada menjelang akhir jam pelajaran Guru melakukan tanya jawab dan menjelaskan kesimpulan dari kegiatan belajar.
3. Pengamatan
Guru mengamati proses kegiatan yang sedang berlangsung, diantaranya :
a.       Mengamati interaksi belajar ketika ditayangkan materi pelajaran dalam media power point. 
b.      Menilai lembar kerja yang telah dikerjakan siswa.
4. Reflesksi
Pada tahap ini dilakukan evalusi seluruh tindakan berdasarkan hasil pengamatan dan penilaian juga membuat suatu kesimpulan dari hasil pengamatan dan penilaian tersebut.
a.       Apakah materi yang disampaikan guru dengan menggunakan power point yang ditayangkan proyektor dapat dimengerti siswa?
b.      Indikator yang dapat dilakukan adalah melihat hasil pada lembar latihan siswa. (jika hasilnya belum mencapai 75% maka akan lakukan perbaikan pada siklus kedua dengan materi yang sama, dan jika hasilnya sudah memuaskan maka pada siklus kedua akan disampaikan materiselanjutnya)
c.       Menyusun rencana perbaikan sesuai dengan kelemahan-kelemahan pada yang terjadi berdasarkan hasil pengamatan untuk digunakan pada siklus kedua.
SIKLUS 3
a.      Perencanaan Tindakan
Identifikasi masalah yang muncul pada siklus 2 dan belum teratasi dan penetapan alternatif pemecahan masalah.
b.      Pelaksanaan Tindakan
Pelaksanaan rencana tindakan siklus 3 :
-          Guru melakukan appersepsi
-          Siswa diperkenalkan dengan materi yang akan dibahas dan tujuan yang ingin dicapai dalam pembelajaran
-          Siswa mendemonstrasikan akses internet sesuai dengan prosedur
c.       Melaksanakan Pengamatan (Observasi)
Melakukan observasi sesuai dengan format yang sudah disiapkan dan mencatat semua hal-hal yang diperlukan yangterjadi selama tindakan berlangsung. Menilai hasil tindakan sesuai dengan fomat yang sudah dikembangkan.
d.      Melaksanakan Refleksi
Melakukan evaluasi terhadap tindakan pada siklus 3 berdasar data yang terkumpul. Membahas hasil evaluasi tentang skenario pembelajaran pada siklus 2. Memperbaiki pelaksanaan tindakan sesuai dengan hasil evaluasi untuk digunakan pada siklus 4. Evaluasi tindakan 3

4. Cara Pengumpulan Data
Pengambilan data dilakukan dengan Tes dan Observasi. Untuk memudahkan dan terkumpulnya data maka peneliti menggunakan format penilaian (unjuk kerja) dan format observasi dengan skala penilaian.

Format Observasi :
Aspek yang dinilai dan Skala Nilai
1. Materi yang disampaikan guru dapat dimengerti oleh siswa  K / S / B / BS
2. Terjadi interaksi belajar - K / S / B / BS
K=Kurang, S=Sedang, B=Baik, BS=Baik Sekali
Format Penilaian (Unjuk Kerja)
No.
Instrumen
Skor (maks 10)
1
Memahami pengertian internet

2
Menjelaskan perangkat keras internet dan fungsinya 

3
Menyebutkan fasilitas dan manfaat internet


Jumlah Skor Perolehan maks = 30


Rumus Penilaian :  
Nilai = jumlah skor perolehan : 30 
Kriteria Penilaian :
8 – 10             = Sangat Baik ( A)
7 – 8                = Baik (B)
6 – 7                = Cukup (C)
< 6                  = Kurang (K)
5. Analisis Data
Untuk menganalisa data, peneliti menggumpulkan dan mengolah data secara kuantitatif dari format observasi dan format penilaian (unjuk kerja) dari setiap siklus sehingga dapat mengetahui persentase peningkatan hasil belajar yang kemudian dideskripsikan untuk diambil suatu kesimpulan.


6. Tim Peneliti
      1. Syamlani, S.Kom.  
           Guru bidang studi TIK kelas IX MTs. Manba’ul Khair
           Tugas : Peneliti
      2. G. Rusli Ridwan, S.Pd.
           Kepala MTs. Manba’ul Khair
           Tugas : Mitra peneliti ( kolaborator) 
JADWAL PENELITIAN
No
Rencana Kegiatan
Waktu/Minggu ke
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
1
Persiapan
Menyusun Konsep Pelaksanaan
x









Menyusun Instrumen pengamatan dan penilaian

x








Mengadakan tes awal dan membagi kelompok


x







2
Pelaksanaan
Mempersiapkan alat



x






Melakukan tindakan siklus I




x





Melakukan tindakan siklus II





x




3
Penyusunan Laporan






x



Menyusun Konsep Pelaporan







x


Perbaikan laporan








x

Penggandaan dan penyerahan laporan









x



DAFTAR PUSTAKA





[1] Dhanang Sukmana Adi Yuliyani Siyamtiningtyas TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI  Pusat Perbukuan Kementrian Pendidikan Nasional

[2] Media pemberlajaran teknologi informasi dan komunikasi, hal: 38, penulis : Umar Danny, editor : ngesti MS

Untuk mendapatkan file lengkapnya silahkan unduh GRATIS DISINI
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: PTK PELAJARAN TIKOM
Ditulis oleh Ubaydillah Ibnu Sholihin
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://www.zakymedia.com/2014/12/ptk-pelajaran-tikom.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini. Untuk info lebih lengkap silahkan email ke ubaidibnussholih@gmail.com atau HP 087773112977 (sms only).

0 comments:

Post a Comment

Ricky Pratama's Blog support EvaFashionStore.Com - Original design by Bamz | Copyright of www.ZakyMedia.com.